[Valid RSS]

KPU Kota Balikpapan Gelar Sosialisasi Pilkada Bersama Nadhlatul ulama (NU)

KabarIkn.com,Balikpapan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan tema “Membangun Sinergi antara KPU Kota Balikpapan dan Nadhlatul Ulama Balikpapan dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak Tahun 2024” di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (11/09/2024).

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono menyampaikan bahwa pada kegiatan ini diikuti oleh para organisasi keagamaan Nadhlatul Ulama (NU) dan nantinya akan diikuti juga oleh Muhammadiyah. Adapun target dari KPU sendiri mempunya skema yang dibedah dan dibagi dalam beberapa kelompok yaitu Pemilih Pemula, kelompok keislaman, kelompok perempuan, kelompok disabilitas maupun kelompok profesi.

“Semua kelompok yang menjadi target dari partisipan pemilihan pilkada nanti akan kita buatkan sosialisasi,”ujarnya.

Yudho berharap setelah dilakukannya tahapan sosialisasi ini mereka mampu menginformasikan apa saja hal yang telah disampaikan okeh KPU Balikpapan kepada lingkungan mereka. Tadi juga Yudho hadir sebagai narasumber dalam kegiatan yang digelar oleh Polda Kaltim, memberikan materi kepada para pemilih pemula seperti mahasiswa maupun pelajar terkait pilkada.

Pentingnya sosialisasi ini digelar bersama kelompok keislaman adalah karena mereka banyak kalangan guru agama sehingga dapat melakukan sosialisasi secara baik mulai dari tahapan sampai kampanye, agar mampu turut serta berperan aktif dalam mengawal Pilkada terutama soal isu positif.

“Pastinya tujuan adanya sosialisasi ini agar kita menghindari hoax, kampanye hitam atau kampanye negatif dan harapannya mampu di counter oleh semua elemen masyarakat,” katanya.

KPU sendiri tidak mampu mengawal sendiri dan tentunya harus bahu - membahu bersama masyarakat mengawal pilkada agar dapat berjalan lancar, aman dan tertib. Jika tiga hal tersebut terwujud maka kondusifitas Kota Balikpapan dalam pilkada akan menjadi baik.

Tentunya KPU juga akan melakukan sosialisasi bersama organisasi keagamaan yang lain bahkan dengan forum kerukukan umat beragama dan di akhir akan dilakukan deklarasi damai bersama.

Yudho menjelaskan saat ini sedang masuk dalam masa verifikasi administrasi pencalonan. Pada tanggal 22 September akan dilakukan penetapan dan tanggal 25 September sudah masuk masa kampanye. Sebelumnya, KPU sudah preventif agar masa kampanye dapat tetap berjalan dengan kondusif.

Masa kampanye akan dilakukan 58 hari mulai tanggal 25 September sampai dengan 23 November 2024.(tri/adv)