[Valid RSS]

KPU Balikpapan Sosialisasikan Pentingnya Kesadaran Politik Pada Pilkada 2024 Bagi Masyarakat

KabarIkn.com,Balikpapan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan berkolaborasi dengan Polda Kalimantan Timur menggelar kegiatan Jum’at Curhat dengan tema “Merajut Damai dan Merawat Demokrasi Melalui Pilkada Serentak Tahun 2024” yang bertempat di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Jumat (09/08/2024).

Dalam kegiatan ini KPU Balikpapan berkepentingan untuk mendapat kritikan, masukkan dan informasi dari masyarakat agar dapat melakukan perbaikan sehingga tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada sampai tanggal 27 November nanti dapat berjalan dengan lancar serta maksimal sekaligus aman dan tertib.

“Maka dari itu pada kegiatan ini kami menggandeng Polda Kaltim yang berbicara terkait Kantibmas, Tahapan terkait Pilkada di Kota Balikpapan.” Kata Ketua KPU Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono kepada awak media.

Yudho menyampaikan dalam kegiatan ini tidak ada pembahasan yang krusial dan lebih kepada hal-hal umum. Bahkan komitmen dari perwakilan warga Kota Balikpapan yang diwakili oleh Kepala DPD LPM Kota Balikpapan Daman Huri menanyakan apa curhatan dari KPU Balikpapan sehingga warga Kota Balikpapan ingin membantu kesuksesan jalannya Pilkada di Kota Balikpapan.

“ Saya menjawab kalau sampai hari ini tidak ada yang di keluhkan dan tidak ada yang dikesahkan oleh KPU Balikpapan. Adapun yang menjadi tantangan bersama harusnya adalah kesadaran politik masyarakat Kota Balikpapan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Foto : Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono

Hal yang menjadi fokus utama KPU sendiri adalah mengenai kesadaran politik masyarakat Kota Balikpapan yang diharap dapat terus meningkat, karena ini termasuk muara dari setiap pemilihan seperti Money Politik, Politik Transaksional, Isu Sara maupun Isu Hoax.

“ Ya..dalam meningkatkan kesadaran politik itu memang tidak bisa instan.Ini termasuk pekerjaan yang cukup berat dan lama, tetapi kami sepakat berkomitmen tidak boleh putus harapan,” imbuhnya.

Yudho menambahkan jika ini bukan hanya tanggung jawab dari KPU saja akan tetapi tanggung jawab bersama Pemerintah Kota Balikpapan melalui Kesbangpol, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, maupun Pemuda semuanya berjibaku di wilayahnya masing - masing.

Terdapat 3 hal yang diemban oleh KPU yaitu Enlightmen, Empowering dan Social Control. 

“ Nah di enlightmen inilah bagaimana kita dapat mencerahkan masyarakat dalam hal kesadaran politik. Bahwasanya politik itu bukan hanya tukar suara dengan uang, bukan soal berkompetisi tetapi bagaimana menciptakan dua hal yaitu damai dan sejahtera,” pungkasnya.(tri/adv)