[Valid RSS]

Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Ketua KPU Kota Balikpapan Sosialisasikan Pilkada Serentak Ke Masyarakat Melalui FGD

KabarIkn.com,Balikpapan - Ketua KPU Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Polresta Balikpapan di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (07/08/2024).

Pada giat ini KPU Balikpapan hadir dalam rangka mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024. 

Berperan sebagai narasumber, Ketua KPU Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono berharap seluruh elemen masyarakat yang hadir baik dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama maupun Pemuda dapat mensosialisasikan Pilkada serentak beserta tahapannya kepada kelompok mereka sehingga sosialisasi pilkada ini dapat diketahui oleh masyarakat Kota Balikpapan.

Pada FGD tersebut Yudho menjelaskan bagaimana pentingnya sosialisasi Pilkada ini karena ada 4 Indikator keberhasilan Pilkada yaitu tahapan yang berjalan dengan lancar dan aman, partisipasi pemilih yang baik jumlahnya atau meningkat, lalu regulasi atau hukum yang minim pelanggaran, terakhir keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada.

" Semua ini menjadi tanggung jawab kita semua. tetapi harapannya dampak pada sosialisasi ini adalah dapat meningkatnya jumlah partisipasi pemilih," ujarnya kepada awak media.

Jumlah partisipasi pemilih itu memiliki 8 sendiri komponen, tetapi diantara komponen yang memberikan kontribusi partisipasi pemilih tersebut adalah kesadaran politik masyarakat.

" Nah ini sangat penting karena menjadi tanggung jawab kita semua.Kesadaran politik tersebut harus kita gaungkan karena akan menentukan arah dan masa depan Kota Balikpapan dan Provinsi Kaltim 5 tahun kedepan," katanya.

" Kalau mau lebih panjang bagaimana mewujudkan Indonesia Emas nanti tahun 2045, harapannya begitu," imbuhnya.

Yudho berharap kedepannya seluruh elemen dan masyarakat Kota Balikpapan pada Pilkada tanggal 27 November nanti dapat menentukan sikap melalui suara mereka untuk arah dan kemajuan Kota Balikpapan dan Kalomantan Timur.

KPU sendiri menargetkan rasional pemilih di Kota Balikpapan lebih dari 60 persen itu sudah bagus. Diketahui, dari tahun ke tahun Pilkada sendiri tidakpernah lebih dari 60 persen dan pada tahun ini diharap bisa lebih dari itu.

Terdapat 5 kelompok pemilih yaitu aktif, pasif, rasional, tradisional dan pramatis. Yudho berharap untuk pemilih pemula diharapkan mereka yang jernih berfikir dan rasional. 

" Mereka diharap dapat rasional sehingga bagaimana meningkatkan kesadaran politik melalui sosialisasi yang kita canangkan," pungkasnya.(tri/adv)