[Valid RSS]

KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP Pemilihan Serentak 2024

KabarIkn.com,Balikpapan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pada Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Kegiatan tersebut pada hari ini yang berlokasi di Aula Kecamatan Balikpapan Barat, Rabu (07/08/2024).

ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono menyampaikan bahwa Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) ini merupakan hasil dari pemutakhiran data atau coklit yang dilakukan oleh para anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang di mulai pada tanggal 24 Juni - 24 Juli kemarin. Kemudian ditetapkan pada hari ini yang menjadi DPHP dari 6 kelurahan yang ada di Balikpapan Barat.

“ Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa ada sanggahan yang berarti. Sehingga nanti Inshaallah hasilnya akan kita bawa pada rapat Rekapitulasi Pleno Terbuka tingkat kota yang akan digelar pada tanggal 11 Agustus,” ujar Yudho kepada awak media.

Jika ada masyarakat yang masih belum tercoklit maka nanti akan diumumkan oleh KPU dan masyarakat diminta untuk dapat segera melapor. Yudho menjelaskan jika soal data ini dinamis karena data tersebut didapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“ Memang soal data ini terus dinamis, apalagi nanti setelah ditetapkan lokasi khusus yaitu di Lapas dan Rutan yang jumlah data pasti akan tergeser dari sebelumnya,” katanya.

Namun demikian akan dipastikan bahwa upaya maksimal dari KPU Kota Balikpapan bersama badan Adhoc di tingkat Kecamatan dan Kelurahan untuk memberikan data pemilih yang akurat dan valid agar merek dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu 27 November 2024 nanti.

Jika ada perubahan data tentunya nanti akan ditampung oleh KPU, karena ini belum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“ Tanggal 07 ini terakhir dilakukan rapat pleno terbuka tingkat kecamatan dan hari ini ditargetkan semuanya rampung,” imbuhnya.

Yudho menambahkan untuk data pemilih yang terkumpul sendiri sebenarnya sudah mencapai 100 persen. Akan tetapi, KPU menunggu jika ada perubahan data Disdukcapil.(tri/adv)