[Valid RSS]

KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi dan Rakor TPS Lokasi Khusus Untuk Pilkada 2024

KabarIkn.com,Balikpapan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Pembentukan TPS Lokasi Khusus Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 di Swiss Bell Hotel Balikpapan, Sabtu (13/07/2024).

TPS Lokasi khusus ini merupakan suatu tindakan penting dalam proses pemilihan Kepala Daerah. TPS Lokasi khusus ini sendiri meliputi lapas,rutan,reloksi bencana, daerah konflik atau lokasi lainnya.

Komisioner KPU Kota Balikpapan, Muhammad Rizal menyampaikan bahwa ini merupakan awal dari koordinasi dari stekholder maupun lembaga lain untuk tps lokasi khusus. Nantinya KPU akan merumuskan kembali apakah akan ada lokasi khusus di rumah sakit dan di Pertamina RU V atau RDMP.

“Melihat dari bagaimana konsentrasi dari pemilih disana nanti, apakah memang memenuhi syarat atau tidak,” ujarnya.

Untuk lokasi Lapas maupun rutan nanti akan dilihat dari data warga binaan di akhir waktu pencoblosan. Karena biasanya warga binaan di lapas tersebut keluar masuk dan bisa jadi jika di data sekarang maka tidak update sampai akhir masa penetapan DPT, DPTB dan DPK.

Rizal menambahkan kalau koordinasi memang harus dilakukan sejak awal dengan pihak terkait yang memang memiliki kepentingan dalam proses Pilkada 2024.

“ Kita disini guna meningkatkan partisipasi pemilih. Di 2020 partisipasi pemilih ada 59 persen dan 2015 60 persen, ini wajar turun karena pada saat itu kita dilanda pandemi covid - 19,” katanya.

Diharap di tahun 2024 ini di Kota Balikpapan bisa mendapatkan partisipasi pemilih di angka 75 persen.

Dari bulan lalu KPU bergerak untuk mengajak berdiskusi melalui sosialisasi, rakor dan lain sebagainya untuk meningkatkan partisipsi pemilih di Kota Balikpapan.

“ Kemarin kita juga sudah mengajak para rekan organisasi mahasiswa, pemuda dan masyarakat untuk memberikan sumbangsih suara maupun masukan - masukan dalam sosialisasi kita,” pungkasnya.(tri)