[Valid RSS]

KPU Balikpapan Gelar Pelantikan dan Pengukuhan Anggota PPS

KabarIkn.com,Balikpapan - KPU Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2024. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Minggu (26/05/2024).

Setelah melalui seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara KPU Kota Balikpapan membentuk badan Adhoc tingkat keluarahan yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejumlah 102 orang di enam kecamatan.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono berharap dengan dilakukannya pelantikan ini para anggota PPS dapat melaksanakan tahapan pilkada di tingkat kelurahan dengan baik.

“ Tentu saja para anggota PPS ini bukan penentu kebijakan tetapi pelaksana tekhnis yang ada dilapangan nanti berdasarkan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan oleh KPU,” katanya.

Setelah dilakukan pelantikan, selambat-lambatnya dalam seminggu ini KPU akan membentu ke sekretariatan PPS dan kemungkinan tanggal 1 Juni akan dibentuk ke sekretariatan PPS.

Adapun tugas yang dilaksanakan PPS yaitu melaksanakan teknis tahapan pilkada yang ditetapkan oleh KPU di tingkat kelurahan. 

“Untuk detailnya nanti mereka nanti akan membentuk KPPS dan Pantarlih. Pada saat pemutakhitan data dilakukan mereka membantu kami,” pungkasnya. (tri)