[Valid RSS]

Nurhadi Minta BPBD Dapat Segera Bangun UPT Dikawasan Perbatasan Kota Balikpapan

KabarIkn.com, Balikpapan - Saat ini musibah kebakaran masih sering terjadi di Kota Balikpapan dan pastinya memerlukan penanggulangan yang sangat cepat agar tidak merambat ke bangunan lain.

Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Nurhadi sempat pernah mengusulkan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dapat membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembantu BPBD Balikpapan Timur dikawasan perbatasan kota Balikpapan atau di Gunung Tembak. 

" Pada pembahasan anggaran murni nanti, saya akan menagih dengan Kepala Dinas. Saya pernah sampaikan dan mendapat jawaban akan diajukan di nomenklatur anggaran tahun 2025," ujarnya.

Saat ini BPBD Balikpapan sendiri sudah memiliki UPT di masing-masing Kecamatan, namun di setiap Kecamatan terdapat titik terujung dan kawasan Balikpapan Timur titik terujungnya berada di Gunung Tembak. 

"Kalau di hitung daei jarak tempuh mulai UPT BPBD yang ada sekarang menuju ke arah Gunung Tembak, maka menghabiskan waktu 20 sampai 30 menit. Saya rasa kalau terjadi kebakaran dengan waktu 30 menit sudah habis, bukan karena di padamkan petugas, mungkin padam sendiri, karena yang terbakar sudah habis," katanya. 

Nurhadi menambahkan bahwa pembangunan UPT Pembantu BPBD dikawasan Gunung Tembak menjadi sangat penting, mengingat padatnya penduduk dikawasan Balikpapan Timur juga terdapat di Kelurahan Teritip. 

Mengaca dari kejadian beberapa tahun yang lalu saat terjadinya kebakaran, api berhasil padam bukan dikarenakan pemadaman yanh dilakukan petugas, melainkan padam sendiri, karena semua sudah habis terbakar.(tri/adv)