[Valid RSS]

DPRD Dorong Pemerintah Kota Hidupkan Sekolah Swasta

KabarIkn.com, Balikpapan - Menyusul keterbatasan jumlah Ruang Belajar (Rumbel) di sekolh negeri, Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Parlindungan mendorong Pemerintah Kota agar menghidupkan sekolah swasta.

Ia mengarakan bahwa ruang belajari di Kota Balikpapan sudah lebih dari cukup jika di hitung dengan sekolah swasta. Dalam undang - undang dijelaskan jika kebutuhan besaran sekolah negeri sebesar 70 persen dan sekolah swasta 30 persen.

“ Harusnya yang 30 persen ini harus bisa kota hidupkan agar masyarakat tidak cuma terfokus ke sekolah negeri saja,” ujarnya.

Jumlah ruang belajar di Balikpapan sendiri jika di hitung secara menyeluruh ketersediaan ruang belajar cukup untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Parlindungan menambahkan bahwa saat ini perhatian pemkot terhadap sekolah swasta masih belum mencapai 100 persen, baik itu dalam memberikan bimbingan maupun membina sekolah swasta dari segi kurikulum dan managemen. 

“ Pemerintah seharusnya bisa menganggarkan melalui APBD agar peserta didik yang tidak mampu dan tempat tinggalnya berada dekat dengan sekolah swasta yang bagus, namun tidak bisa bersekolah di sekolah tersebut,” katanya.

Ia berharap jangan sampai ada anak didik yang berada di sekitar sekolah itu hanya melihat gedungnya saja yang mewah, tapi tidak bisa bersekolah disitu lantaran keterbatasan biaya.

"Disitu peran pemerintah untuk bisa meminta kuotanya dengan  menggunakan APBD, lalu masukan anak didik kurang mampu yang berada di sekitar sekolah disitu," pungkasnya.(tri/adv)