[Valid RSS]

Kamaruddin Sarankan Pemerintah Dapat Bangun SAUM Untuk Atasi Kemacetan

KabarIkn.com, Balikpapan - Saat ini sejumlah ruas jalan di Kota Balikpapan mengalami kemacetan, hal ini dikarenakan meningkatnya volume kendaraan. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut tentunya diperlukan langkah cepat Pemkota Balikpapan dalam mengambil keputusan agar macet tersebut tidak semakin parah.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Kamaruddin menyampaikan bahwa saat ini pihak dari Pemkot masih belum memberikan solusi jangka pendek untuk mengatasi permasalahn kemacetan tersebut. Seperti belum melakukan pelebaran jalan di Simpang Muara Rapak dan MT Haryono yang mengarah ke BSB.

“ Seharusnya pelebaran sudah harus dilakukan mulai sekarang, dengan mengingat Balikpapan akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) dan tentu saja jumlah penduduknya akan terus bertambah,” ujarnya.

Ia menambahkan kalau harusnya Pemkot melalui Dinas Perhubungan (Dishub) harus sudah membuat rekayasa lalu lintas di simpang Muara Rapak dengan bekerjasama dengan pihak PT Pertamina untuk membuka akses jalan Panorama dan disamping Masjid Al-Munawar. 

Kemudian, mengenai perlu atau tidaknya pemberlakuan Ganjil-Genap dikota Balikpapan. Kamaruddin menjelaskan kalau penerapan Ganjil-Genap di Balikpapan belum perlu dilakukan. 

Hanya saja, dikatakan sudah saatnya pemerintah bisa menyediakan Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) yang tentu saja bisa menjadi solusi mengatasi penggunaan kendaraan pribadi. 

"Saya rasa kalau SAUM disediakan bisa menjadi solusi, asalkan dapat dikelola dengan baik. Tapi untuk yang saat ini dibutuhkan di Balikpapan yakni pembukaan jalur alternatif dan melakukan pelebaran jalan-jalan yang sudah ada," pungkasnya.(tri/adv)