[Valid RSS]

Masalah Sampah Terus Jadi Sorotan, Oddang : Ini Tanggung Jawab Bersama Jangan Selalu Tertuju ke DLH

KabarIkn.com,Balikpapan - Permasalahan sampah kian terus menerus menjadi sorotan para masyarakat, dan menjadi prioritas setiap kota - kota yang ada di Indonesia, seperti Kota Balikpapan.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Syarifuddin Oddang juga telah mengusulkan untuk disetiap Kelurahan yang ada di Kota Balikpapan harus memiliki pengelolaan Bank Sampah. 

"Usulan saya itu salah satu untuk mengurangi volume sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), karena setiap Kelurahan pasti perlu memiliki Bank Sampah yang nantinya warga bisa untuk melakukan pemilahan dan mengolah sampah, sebelum dibuang ke TPA," kata Oddang.

Selain usulan tersebut Oddang juga memperkirakan di tahun 2026 mendatang untuk TPA Manggar itu tidak bisa lagi menampung sampah-sampah di Balikpapan dikarenakan terjadinya overload (penuh). 

“Ya, mengingatMasa kota Balikpapan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) jadi terus bertambahnya pendatang yang masuk ke Balikpapan, secara otomotis sampah akan meningkat,” tuturnya.

Diakui Oddang, pada setiap kritikan masyarakat selalu tertuju ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Padahal untuk persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya individu.

Selain itu, Oddang juga menyoroti sampah yang dihasilkan oleh perusahaan dan perumahan. Karena sampah yang dihasilkan dari keduanya tidak seharusnya dibuang ke TPA Manggar, melainkan harus dikelola sendiri. 

"Mengapa demikian, karena dari perusahaan dan perumahan seharusnya dikelola sendiri, bukan di buang ke TPA juga. Perlu diperhatikan juga karena kan bisa dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Manggar," tutup Oddang.(tri/adv)