[Valid RSS]

Sekda Paser Kukuhkan 2568 Satlinmas, Guna Mendukung dan Menjaga Pilkada di Paser

Kabarikn.com,Tana Paser - Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Drs Katsul Wijaya mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengukuhkan 2568 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai satuan perlindungan masyarakat yang akan diperlukan menjelang Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Paser 2024, di Gedung Olahraga Tapis, Senin (2/9).

"Selamat kepada seluruh Anggota Satlinmas, yang baru saja dikukuhkan dan diambil sumpahnya, dengan harapan saudara-saudara dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Paser," kata Katsul Wijaya saat membacakan sambutan Bupati Paser.

Kata dia bahwa keberadaan Satlinmas dimasyarakat pada dasarnya diharapkan dapat memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan langsung pada masyarakat khususnya menjelang Pilkada nanti di bulan November.

"Satlinmas perlu adanya pembinaan agar fungsinya dapat berkesinambungan sehingga pada momentum tertentu dapat membantu masyarakat seperti dari gangguan bencana, serta membantu memelihara ketentraman dan ketertiban khususnya pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara," ujarnya.

Begitu pentingnya dan besarnya peran Satlinmas untuk masyarakat, bangsa dan negara, sangatlah bijaksana jika elemen pemerintah memberikan perhatian khusus ke depannya.

"Kita harus memberikan apresiasi terhadap perannya selama ini," kata.

Suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten Paser selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat. 

"Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Paser pada 2024 perlu didukung kesiapan yang mantap dan akurat, baik teknis maupun perangkat perlindungan masyarakat yang profesional, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyelurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun," jelasnya.

Satlinmas juga diminta agar bersinergi dengan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja sebagai pembina.

"Dalam rangka mewujudkan Paser MAS yaitu Maju Adil dan Sejahtera maka sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perlindungan masyarakat di Paser maka peran Satlinmas diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang tertib dan tentram," pungkasnya.(ar/adv)