[Valid RSS]

Disdukcapil Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat, Lewat Program Pelayanan Langsung SIAK Terpadu

Photo : Kadisdukcapil Kabupaten Paser Mohd Isnaini Yanuardi.

Kabarikn.com,Tana Paser - Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang belum memiliki dokumen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser memprogramkan pelayanan langsung SIAK terpadu ke desa desa dan kecamatan.

Kepala Disdukcapil Mohd Isnaini Yanuardi menjelaskan bahwa program tersebut sangat membantu untuk masyarakat desa yang belum memiliki dokumen seperti kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) untuk umur 17 tahun.

"Pelayanan ke desa adalah sebagai upaya meningkatkan pelayanan," kata Kadisdukcapil pada media, Kamis (5/9/2024).

Mohd Isnaini Yanuardi menyebutkan bahwa sebanyak 122 desa sudah mampu untuk melakukan pelayanan kependudukan ini dan saat ini desa sudah bisa mencetak KK dan akte di desa.

"Dari 139 desa sebenarnya ada 122 desa yang mampu melakukan pelayanan dokumen kependudukan ini, tetapi dari 122 hanya 76 yang siap dan aktif melakukan pelayanan dan bahkan melakukan pencetakan misalnya KK, akte kematian dan akte kelahiran," jelasnya.

Kepala Bidang Kependudukan Dr Fatma Dewi menjelaskan bahwa banyaknya pemula yang belum direkam maka Disdukcapil jemput bola ke desa dan kecamatan.

Photo : Masyarakat Desa Rantau Atas antusias mengikuti pelayanan SIAK terpadu yang di gelar oleh Disdukcapil pada Rabu (4/9) di Kecamatan Muara Samu.

"Tapi kami bekerjasama dengan desa dan kecamatan, dengan melakukan pelayanan secara langsung namun setelah adanya surat dan data yang disampaikan oleh kecamatan itulah dasar kami turun ke kecamatan dan desa tersebut," ujarnya Fatma Dewi pada media.

Pelayanan langsung SIAK terpadu bukan hanya perekaman KTP el tapi juga ada pelayanan akte dan KIA.

"Pokoknya kita kejar target, agar masyarakat semua punya dokumen kependudukan yaitu KTP el, KIA dan akte," kata Fatma Dewi.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam pelayanan Disdukcapil juga ada pelayanan khusus untuk masyarakat yang rentan, Disabilitas dan untuk orang yang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

"Jadi semuanya coba kita upayakan dapat dilayani selama ada surat yang disampaikan ke Disdukcapil sebagai dasar tim yang turun karena semua pekerjaan harus ada dasarnya," tuturnya.

Termaksud mensukseskan pilkada di Paser, jelang pemilihan kepala daerah Disdukcapil Paser menyiapkan 5000 blangko KTP el.

"Cukup atau tidak untuk sementara stok ada 5000 blangko KTP el dan semua ini kita selenggarakan semata mata untuk kepentingan masyarakat dan seandainya itu nanti tidak cukup kita akan ambil lagi ke Jakarta," pungkasnya.(ar/adv)