[Valid RSS]

Bandeng Presto Milik Paman Upi 88 Gurih dan Bergizi

Foto : Bandeng Presto Paman Upi 88 olahan dari seorang warga dari Desa Damit Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Kabarikn.com,Tana Paser - Kabupaten Paser bukan saja dikenal dengan wisata alamnya yang indah, akan tetapi produk olahan UMKMnya yang enak juga dapat kita temui. Salah satunya olahan ikan bandeng presto produksi warga Desa Damit Kecamatan Pasir Belengkong Supiadi.

Meski diawal merintis usahanya banyak tantangan karena alat produksi dan jarak untuk memasarjan yang cukup jauh dari Kabupaten Supiadi tetap tekun untuk mengembangkan bandeng presto olahannya.

Berkat ketekunannya kini olahan bandeng prestonya yang diberi nama bandeng presto Paman Upi 88 sudah banyak yang memesan dari masyarakat biasa hingga ASN.

"Pada saat merintis ikan kita beli di pasar, dan pertama kita buat itu 7 Kg ikan jadinya 20 pcs yang satu pcs nya itu berisi dua ekor ikan bandeng plus sambal dan alhamdulillah ada saat ini pembuatan ikan bandeng presto tembus 21 Kg pada Juni dan Juli," kata Supiadi pada kabarikn, Selasa (16/7).

Diawal awal menjalankan usahanya, untuk memperkenalkan olahan bandeng prestonya Supiadi memanfaatkan media sosial sebagai wadah mempromosikan produksi bandeng presto olahannya. "Bila ada yang pesan baru kita antar," kata dia.

"Namun kini selain melalui online, ia juga menawarkan produk olahannya kepasar dan kantor pemerintahan. Untuk mereka yang mau memesan ikan bandeng presto dipastikan bergizi dan gurih bisa menghubungi nomor whatsap yang ada diakun facebooknya" kata Supiadi.

Ia pastikan bahwa Bandeng presto Paman Upi 88 olahannya tanpa pengawet dan mampu bertahan 5 hari.

"Bandeng yang kita presto ini setelah masak kita diinginkan lalu di vakum dengan alat vakum dan untuk ketahanannya kalo disuhu ruangan dapat bertahan 5 hari namun jika ditaruh dalam freezer tahan 5 bulan" ungkapnya.

Jadi kata dia kalo ada yang pesan dari luar bisa saja karena ketahanannya cukup untuk sampai ditempat.

"Presto kita ini sudah lembut dan bisa langsung digoreng atau dimasak lainnya cocok menjadi sajian yang nikmat untuk keluarga," pungkasnya.

Untuk saat ini ia memerlukan bimbingan dari pemerintah baik dari segi peningkatan alat produksi hingga strategi promosi pemasarannya.

"Kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah baik dalam proses produksi maupun promosi usaha kami," kata dia.

Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Eric Apriantour mengatakan sebagai komitmen pemerintah terhadap UMKM tahun ini akan membangun pusat pelayanan terpadu untuk usaha kecil mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Jadi kita berencana akan membangun pusat pelayanan terpadu untuk memberdayakan UMKM yang ada," kata Eric Apriantour.(ar/adv)