[Valid RSS]

Sambut Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Paser Gelar Lomba Tingkat Pelajar dan Sekolah

Photo : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Paser Safari.

Kabarikn.com,Tana Paser - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar rangkaian kegiatan yang meriah dan edukatif. Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024. sejumlah lomba bertemakan lingkungan hidup telah diselenggarakan, duantaranya lomba cerdas cermat tingkat SD dan SLTP se Kabupaten Paser, dan Lomba Kebersihan Sekolah SLTP dan SLTA di Kecamatan Tanah Grogot.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Safari menjelaskan berbagai lomba yang dilaksanakan melibatkan siswa dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas.

“kita fokuskan pada siswa dan sekolah karena kita mengharapkan dari mereka generasi muda timbul kesadaran yang lebih pada upaya upaya pelestarian lungkungan itu sendiri,” kata Kepala DLH Paser Safari pada, Senin(15/7).

Ia mengharapkan dari kegiatan ini dapat menularkan pada sesama generasi muda yang kemudian disebarluaskan sehingga timbullah komunitas yang peduli lingkungan hidup.

“Generasi yang kita maksud adalah generasi yang sudah sadar dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mereka melakukan itu sebagai generasi pemimpin ke depan,” ujarnya.

Hari lingkungan hidup jatuh pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya pemerintah Kabupaten Paser menggelar lomba melalui DLH.

“Sebenarnya kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan bulan Juni atau awal Juli tapi karena siswa dan sekolah sebelumnya masih disibukkan dengan ujian sekolah, kenaikan kelas dan liburan sekolah maka kegiatan tersebut kita laksanakan akhir Juli 2024,” kata dia.

Saat ini dalam pelestarian lingkungan hidup perlu dilakukan upaya yang lebih konstruktif dengan adanya kegiatan tersebut pihaknya meminta pada setiap peserta sekolah menyertakan video yang sifatnya mengedukasi.

“Setiap sekolah kita harapkan mengirimkan video pendek yang sifatnya mengedukasi dan upaya sekolah dan siswa melakukan inovasi dan memitigasi dalam pelestarian lingkungan hidup. Tidak menutup kemungkinan konsep mereka dapat kita terapkan sebagai kompilasi dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada generasi saat ini,” pungkasnya.(ar/adv)