[Valid RSS]

Bankeu TW III 2024 Tunjukkan Progres Positif, Kukar Siap Kejar Target Triwulan IV

KabarIkn.com,Balikpapan - Pada Triwulan III Tahun 2024, Kabupaten Kutai Kartanegara mendapatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan total pagu anggaran sebesar Rp 58,44 miliar.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Kukar Ety Erma Sumarni mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dengan dana bankeu dari pemprov kaltim kepada kabupaten kukar telah hampir dilaksanakan seluruhnya.

“Kami harapkan, di akhir anggaran nanti bisa diselesaikan secara maksimal. Kita usahakan dan Kukar siap kejar target berikutnya,” ungkap Ety usai Radalok Bankeu TW III 2024 oleh biro Administrasi Pembangunan Kaltim (22/10/2024)

Diketahui untuk target Triwulan IV, Kabupaten Kukat diharapkan dapat mencapai realisasi fisik sebesar 85% dan keuangan sebesar 75%. Hingga saat ini, jumlah transfer yang telah diterima adalah Rp 44,965 miliar, yang mencakup 65% transfer non-spesifik (tahap kedua) dan 100% transfer spesifik.

Meski menghadapi berbagai tantangan, Kukar tetap optimis dalam mengejar target realisasi di Triwulan IV, dengan memperbaiki administrasi dan memperkuat koordinasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi.

Ety pun menambahkan bahwa adanya bankeu ini sangat membantu pemertaan pembangunan di Kukar terutama terkait infrastruktur dan konektivitas antar wilayah agar dapat menghubungkan Kukar dengan daerah-daerah disekitarnya.

Disamping itu, dirinya pun menyoroti keberadaan Kukar sebagai mitra IKN, sehingga infrastruktur jalan menjadi salah satu hal prioritas sehingga memudahkan konektivitas daerah. Selain infrastruktur pertanian juga menjadi salah satu sektor yang dilirik.

“Tak berhenti di infrastruktur saja, pertanian Kukar juga didorong terus pengelolaannya, diharapkan nantinya Kukar dapat menjadi salah satu pemasok bahan pangan bagi IKN, “ imbuhnya.

Dengan perkembangan yang positif pada Triwulan III, Kukar kini berfokus untuk mengejar target akhir tahun dengan optimisme tinggi.

Bantuan keuangan dari provinsi diharapkan tidak hanya mempercepat penyelesaian infrastruktur yang krusial, tetapi juga memperkuat potensi daerah, khususnya di sektor pertanian.

Keberhasilan ini akan semakin memperkokoh posisi Kukar sebagai mitra strategis IKN, membuka peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. (bs/adv/diskominfo prov kaltim)