[Valid RSS]

Dorong Peran BUMDES, LKPP Gelar Sosialisasi Pengadaan Barang Jasa di Desa Wilayah Kaltim

Foto : Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni

KabarIkn.com,Balikpapan - Rabu (23/10/2024),Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui LKPP menggelar sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Wilayah Kalimantan Timur dengan tema “Peran Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Menyiapkan Desa Penyangga Sebagai Mitra Strategis Ibu Kota Nusantara”.

Melalui sambutannya, Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menjelaskan adapun hal penting dalam sosialisasi ini yaitu bagaimana desa, aparat desa maupun unsur perangkat desa dapat mengelola kegiatan barang dan jasa tentu ini sangat bervariasi. Melalui sosialisasi pengadaan barang dan jasa, salah satu yang di dorong adalah bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat terus didorong.

" Kemudian bagaimana BUMDES tersebut dapat berperan serta dalam pengadaan barang dan jasa.Ini adalah terkait dengan bagimana barang atau produk yang dihasilkan oleh Bumdes bisa hadir di ekatalog,” ujarnya.

Barang maupun produk yang masuk di ekatalog tersebut tentunya akan menjadi sumber belanja bagi perangkat desa. Jika hal tersebut dilakukan maka secara tidak langsung belanja produk dalam negeri sudah diwujudkan.

Sri Wahyuni menambahkan untuk mendorong adanya belanja produk dalam negeri ini maka ketersediaan produk yang diperlukan secara online di e-katalog harus tersedia dan mudah dijangkau.

“ Kalau BUMDES bisa menjadi penyedia di satu sisi pasti bisa lebih maju, kemudian masyarakat yang mensuply bahan baku di ekatalog akan disediakan karena menjdi objek belanja,” katanya.

Pemprov Kaltim mendorong para perangkat desa sudah mulai tertib di dalam pengadaan barang dan jasa terutama di ekatalog. Selain perangkat desa, unsur kepala daerah saja masih memiliki persoalan ketika melakukan belanja lewat e katalog.(bs/adv/diskominfo prov kaltim)