[Valid RSS]

Verifikasi Validasi Data Statistik dan Jaringan Informasi Geospsial Sektoral Kaltim Terlaksana 100%

KabarIkn.com,Balikpapan - Memasuki hari ketiga atau hari terakhir, pelaksanaan verifikasi dan Validasi data statistik sektoral dan informasi geospasial tahap II tahun 2024, oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (DiskominfoKaltim) tidak ada kendala, dilaksanakan di hotel Jatra Balikpapan, Kamis (17/10/2024).

Bidang Statistik Ahli Muda, Diskominfo Kaltim Ika Wahyuni menyampaikan, memasuki hati ketiga atau hari terakhir pelaksanaan verifikasi dan validasi data statistik sektoral Kaltim dan jaringan informasi geospasial tidak mengalami kendala. 

Kehadiran semua produsen data perangkat daerah dalam kegiatan verifikasi dan validasi ini, menjadikan keterisian data dalam portal  Satu Data Kaltim, dan jaringan informasi geospasial, dapat terlaksana 100%.

"Sampai hari ini produsen data perangkat daerah hampir semuanya hadir memberikan klarifikasi keterisian portal satu data Kaltim dan jaringan informasi geospasial Kaltim," katanya.

Meskipun verifikasi dan validasi data sektoral dalam produsen data Kaltim tidak mengalami kendala. Hanya saja, kendala pada data dari Kementerian dan Lembaga di pusat.

"Memang dinyatakan ada beberapa kendala salah satunya menunggu data dari Kementerian Pusat. Di Kementerian dan Lembaga di pusat, belum merilis datanya, di daerah pun terhambat," kata Ika Wahyuni.

"Tetapi data yang tidak tergantung dari pusat tingkat keterisiannya sudah penuh atau sudah atau full seperti itu, sementara data sektoral Kaltim sudah terisi," terangnya.

Untuk diketahui, data Kementerian dan Lembaga pusat memiliki ribuan data. Dan saat ini data  dari Kementerian dan Lembaga ini juga secara sistem sudah terintegrasi dari pusat dan daerah.

Foto : Bidang Statistik Ahli Muda Dismonfo Kaltim, Ika Wahyuni

Menurut Ika Wahyuni, sistem terintegrasi dari pusat dan daerah ini, untuk pihaknya menunggu agar data itu tidak duplikasi atau tumpang tindih.

"Kami menunggu data pusat, jadi daerah kita menunggu data dari pusat," tuturnya.

Meskipun tingkat keterisian itu tidak 100%, sementara data sektoral Kaltim dinyatakan terisi tanpa kendala. Pengisian data list bagi produsen dijadwalkan hingga Pebruari tahun depan 

"Kami menginfokan kepada teman-teman produsen bahwa jadwal dilist kita itu data-data tahun 2024,.akan kami terima paling lambat pada tahun depan bulan Pebruari 2025," harap Ika Wahyuni.

"Jadi teman-teman diberi waktu dua bulan menentukan angka tetap, jadi kami nanti bisa publikasikan di portal satu data Kaltim dan jaringan informasi geospasial sesuai dengan tahapan yang kita buat," jelasnya.

Hingga saat ini data yang masuk sekira 7.000 data provinsi, kabupaten dan kota, dan dari seluruh perangkat daerah dan sepuluh kabupaten dan kota.

"Jadi sepuluh kabupaten dan kota juga sudah terintegrasi dengan portal satu data Kaltim dan portal satu data Indonesia," urai Ika Wahyuni.

Dia menambahkan, untuk hari ini terdapat sepuluh produsen yang hadir dan terakhir, dalam verifikasi dan validasi data.  "Jadi kami tanyakan apa kesulitan mereka dalam mengumpulkan data itu," pungkasnya.(bs/adv/diskominfo prov kaltim)