[Valid RSS]

Melalui IKK Aparatur Pemerintah Daerah Diharap Dapat Menghadirkan Kebijakan Berkualitas

KabarIkn.com,Balikpapan - Demi meningkatkan pencapaian reformasi birokrasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan Ekspose Hasil Pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) Mandiri Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (16/10/2024).

Dalam sambutan, Sekda Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menyampaikan pengukuran indeks ini baru pertama kalinya dilakukan di provinsi kaltim. Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) ini sebenarnya sudah lama disyaratkan tetapi hampir semua daerah cenderung tidak melihat IKK sebagai alat ukur untuk memastikan bahwa prosea kebijakan, dampak kebijakan yang dihasilkan oleh Pemerintah Daerah melalui Alat Perangkat Daerah bisa berjalan dengan baik.

Dengan melalui Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) ada tanggung jawab moral sebagai aparatur pemerintah daerah untuk memastikan bahwa bagaimana menghadirkan kebijakan yang berkualitas.

" Ada tantangannya yaitu kebijakan yang berkualitas, ketika kebijakan yang kita hasilkan memberikan dampak kepada masyarakat," katanya.

Dampaknya itu seperti memberikan pelayanan publik yang efisien,meningkatkan kesejahteraan maupun menyelesaikan permasalahan.

Sri menambahkan bahwa IKK ini sesungguhnya bukan hanya tanggung jawab dari sekretariat daerah. Karena urusan Sekda bersama dengan biro salah satu tugas pokoknya itu adalah memfasilitasi kebijakan daerah.

" Dengan adanya IKK hari ini kita dicerahkan. Jadi persoalan yang kita tuntaskan tidak hanya dituangkan dalam kebijakan tetapi juga memastikan proses kehadiran kebijakan tersebut benar - benar sesuai dan memiliki dampak yang signifikan,"pungkasnya.(bs/adv/diskominfo prov kaltim)