[Valid RSS]

BKD Kaltim Gelar Transformasi Pengembangan Talenta dan Karir Jabatan Fungsional Berdasarkan Sistem Merit

KabarIkn.com,Balikpapan - Rabu (16/10/2024), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Transformasi Pengembangan Talenta dan Karir Jabatan Fungsional Berdasarkan Sistem Merit.

Kepala Bidang Pengembangan ASN prov Kaltim, Sudarwanto,S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan transformasi pengembangan ini sudah menjadi keharusan dan pedoman oleh instansi Pemerintah baik di daerah bahwa salah satu aspek manajemen di bidang kepegawaian salah satunya pengembangan talenta dan karir harus dilaksanakan berdasarkan sistem merit.

Sistem ini pelaksanaannya dengan mempertimbangkan dari sisi kualifikasi, kompetensi, kinerja bahkan integritas dan moralitas.

Foto : Kabid Pengembangan ASN Prov Kaltim, Sudarwanto,S.Sos

"Jadi pengembangan karir atau talenta berdasarkan kepada aspek-aspek seperti kedekatan atau hubungan kerabat,” ujarnya.

Pengembangan talenta ini tidak semata-mata hanya dalam jabatan tetapi bisa dalam bentuk kompetensi yang dikembangkan sesuai dengan tugas jabatan yang diemban.

Sudarwanto menambahkan kalau secara karir mereka nantinya bisa naik jenjang jabatan ke level yang lebih tinggi maupun karirnya di promosikan ke jabatan struktural.

“ Syarat untuk jabatan itu ada di kualifikasi dan ditentukan dari pendidikan yang dimiliki. Tidak serta merta dengan pendidikan yang ada dia dapat menduduki jabatan yang ada,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat semakin menguatkan,memperkaya wawasan dan menjadi bekal ketika kembali ke daerah sehingga mendapat pemahaman bahwa manajemen ASN dilaksanakan dengan koridor atau perundang - undangan yang berlaku. (bs/adv/diskominfo prov kaltim)