[Valid RSS]

Inspektorat Prov Kaltim Gelar Bimtek Kegiatan Implementasi SIMHPNAS

KabarIkn.com,Balikpapan - Selasa (15/10/2024), Inspektorat Daerah Provinsi kalimantan Timur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Kegiatan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Hasil Pengawasan Nasional (SIMHPNAS) di Lingkungan Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutan, Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dr.H.M. Irfan Prananta,SE.MM menyampaikan bahwa SIMHPNAS ini merupakan hal baru untuk BPKP dan untuk BPK sudah ada hal sejenis yaitu Sistem Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) terkait dengan hasil pengawasan.

“ Isi dari SIPTL ini yaitu dimana sistem tersebut bisa memetakan temuan rekomendasi,tindak lanjut sampai dengan dianggap selesai atau belum,” ujarnya.

Foto : Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dr.H.M. Irfan Prananta,SE.MM 

Kemudian, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga membuat SIMHPNAS sistem yang sama untuk memonitor temuan - temuan dari inspektorat.

Irfan mengakui bahwa sistem SIMHPNAS ini bagus untuk memudahkan Inspektorat selaku aparat pengawas untuk melakukan pemantauan terhadap temuan. Sehingga mereka dapat mengetahui posisi rekomendasi yang sudah dikeluarkan langsung ditindak lanjuti atau belum oleh OPD yang sudah diawasi.

“Dengan anggaran yang cukup besar pada pengawasan pastinya kita ada menindak lanjuti temuan-temuan,” katanya.

Adapun temuan tersebut berupa administrasi maupun terkait material, tetapi yang cukup banyak itu ada temuan di administrasi.

Ia berharap SIMHPNAS ini dapat terus mempermudah Inspektorat untuk melakukan pengawasan dan mengetahui tindak lanjut rekomendasi yang sudah dikeluarkan. (bs/adv/diskominfo prov kaltim)