[Valid RSS]

Konsisten Dukung Program Penghijauan, BCA dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur UPDT KPHL Balikpapan Tanam 1.500 Pohon di Hutan Wisata Meranti

KabarIkn.com,Balikpapan - 21 Juli 2022 , Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program. Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur dan bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Wana Wisata Meranti Etam melaksanakan program penghijauan dengan menanam 1.500 bibit pohon di kawasan Hutan Meranti.

Seremoni kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor BCA Wilayah XI Balikpapan Juniarta, Kepala BCA KCU Balikpapan Kirman, Kepala Pendukung Operasional Wilayah XI BCA Balikpapan Lernawati, Perwakilan KPHL Balikpapan Muhammad Riza Hamzah, Babinsa Karang Joang Hermansyah, Lurah Karang Joang Maryana, Ketua Pengurus Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Sukardi, Mahasiswa Universitas Mulawarman dan Masyarakat Umum yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit pohon pada beberapa waktu lalu. 

“Lingkungan yang hijau dan asri pasti akan dicari, sebab dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Upaya menghijaukan bumi tidak hanya tugas pemerintah, namun juga dapat dibantu pelaksanaannya oleh swasta. Sadar akan pentingnya penghijauan, sebagai institusi perbankan nasional BCA pun menginisiasi kerja sama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, khususnya untuk masyarakat Kota Balikpapan. Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Program penanaman 1.500 bibit pohon hari ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur UPDT KPHL Balikpapan untuk membuat kawasan Hutan Meranti yang lebih asri,” ujar Juniarta, Kepala Kantor BCA Wilayah XI Kalimantan.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penanaman 1.500 bibit pohon buah dan kayu, seperti pohon trembesi, ketapang kencana, jeruk, jambu air, jambu Kristal, rambutan, alpukat, hingga belimbing, manggis, dan kelengkeng. Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di Hutan Meranti. Uniknya penanaman bibit-bibit pohon buah ini juga menjadi dukungan untuk Kawasan Hutan Wisata Meranti yang menjadi area agrowisata pemetikan buah secara langsung. Adanya penanaman pohon ini selain diharapkan dapat membantu penghijauan juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar yang memanfaatkan buah-buahan sebagai sumber mata pencaharian. Selain itu, penanaman bibit pohon di area agrowisata buah ini, diharapkan dapat membantu mengendalikan debit air dan memperbaiki udara di kota Balikpapan, khususnya di kawasan Hutan Meranti. 

“Program penanaman 1.500 bibit pohon ini merupakan upaya nyata BCA bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur UPDT KPHL Balikpapan dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Wana Wisata Meranti Etam untuk membuat kawasan Hutan Meranti yang lebih asri. Kami berterima kasih kepada BCA yang telah menjadi donator pertama dalam melakukan penanaman pohon di Hutan Wisata Meranti ini. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” ujar Sukardi.

Sebagai tambahan informasi, Kawasan Hutan Meranti menjadi kawasan wisata baru di Balikpapan yang menawarkan daya tarik hutan pohon buah. Kawasan ini baru diresmikan pada Maret 2022 lalu, pembangunannya menggunakan dana swadaya dari Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Wana Wisata Meranti Etam. Hutan ini memiliki luas sekitar 77 hektar yang akan ditanami oleh berbagai pohon buah pilihan.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia. 

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam diharapkan memiliki dampak terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim. 

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA. Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.  

Walk for Tree Balikpapan , Babinsa Karang Joang Hermansyah, Kepala BCA KCU Balikpapan Kirman, Perwakilan KPHL Muhammad Riza Hamzah, Kepala Kantor BCA Wilayah XI Balikpapan Juniarta, Pokdarwis Sukardi, Kepala Pendukung Operasional Wilayah XI BCA Balikpapan Lernawati, dan Lurah Karang Joang Maryana dalam seremoni penanaman pohon di kawasan Hutan Meranti pada Kamis (07/07). BCA bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur dan bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Wana Wisata Meranti Etam melaksanakan program penghijauan dengan menanam 1.500 bibit pohon di kawasan Hutan Meranti.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2022, BCA melayani sekitar 30 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 60 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.241 kantor cabang, 18.050 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.(*)