[Valid RSS]

Dorong Pelaku UMKM Lokal, KKNT FIA UB Kelompok 24 Gandeng Laboratorium Kewirausahaan Gelar Sosialisasi Bagi Warga Desa Sumberkradenan

KabarIkn.com,Malang - Pemerintah terus berupaya memberikan dukungan guna mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat bangkit kembali di tengah situasi perekonomian nasional yang melambat akibat pandemi Covid-19.

Sebagai wujud kepedulian akan pentingnya penguatan ekonomi lokal yang ada, mahasiswa KKNT FIA UB Kelompok 24 mengandeng Laboratorium Kewirausahaan mengadakan Sosialisasi UMKM terkait pentingnya Keuangan dan Pemasaran yang dilaksanakan di Desa Sumberkradenan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang (Kamis, 14/7/2022).

Kepala Desa Sumberkradenan, Abul Choiri, S,Pd.I mengatakan, kegiatan ini memiliki insight yang akan sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM di Desa Sumberkradenan, mengingat pengetahuan masyarakat setempat terkait dengan pemasaran dan pengelolaan keuangan dapat dikatakan minim. 

”Biasanya masyarakat kebingungan untuk memasarkan bisnisnya dan hanya dipasarakan melalui pasar-pasar tradisional setempat, selain itu minimnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan keuangan menyebabkan rugi yang tak terhindarkan” ungkap Abul Choiri disela sela kegiatan sosialisasi yang disampaikan kepada mahasiswa KKNT FIA UB.    

Dengan menghadirkan pemateri yang juga sekaligus dosen aktif Laboratorium Kewirausahaan Universitas Brawijaya Supriono, S.Sos., M.AB dan Devi Farah Azizah, S,Sos., M.AB. menarik minat dan perhatian yang tinggi UMKM Desa Sumberkradenan.

Sosialiasi UMKM Lokal ini berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan tata cara pemasaran modern dengan menggunakan teknologi masa kini, serta cara yang tepat untuk mengelola keuangan pada bisnis. 

Moh. Syahdan Abdillah selaku Koordinator Desa atau perwakilan mahasiswa KKNT FIA UB Kelompok 24 menyambut antusias masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para pelaku UMKM lokal. 

Selain sosialiasi UMKM lokal terkait pemasaran dan keuangan, mahasiswa KKNT FIA UB Kelompok 24 juga melakukan branding kelompok UMKM lokal melalui salah satu program kerja yakni Jumat Berkah (Jumat, 15/7/2022). 

Pada umumnya, kegiatan Jumat Berkah merupakan kegiatan membagikan makanan kepada jama’ah masjid pada saat ibadah sholat Jumat selesai dilaksanakan.

" Kegiatan ini unik karena makanan yang dibagikan oleh mahasiswa KKNT FIA UB berasal dari UMKM Lokal yang disebut Kelompok Usaha Bersama (KUBE)," ucapnya.

Mahasisiwa KKNT FIA UB berharap adanya kegiatan Jumat Berkah ini, dapat mendongkrak bisnis UMKM Lokal di Desa Sumberkradenan sehingga lebih dikenal banyak pihak.(*)