[Valid RSS]

DBD Masih Marak Suryani Ingatkan Pemerintah Agar Dapat Rdukasi Gerakan PSN 3M

KabarIkn.com,Balikpapan - Saat ini Demam Berdarah Dengue (DBD) masih saja menyerang masyarakat khususnya anak - anak bahkan dewasa. 

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan, Suryani mengingatkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan agar bisa mengedukasi Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M kepada masyarakat.

Suryani menyampaikan bahwa PSN 3M ini sendiri merupakan suatu langkah paling efektif untuk menurunkan potensi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Balikpapan. Maka dari itu edukasi kepada masyarakat sangat perlu dengan intens jadi bukan hanya sekali, juga melibatkan unsur dari Pemerintah Kota hingga tingkat RT.

“ Namun demikian perlu juga ditingkatkan pencegahan penularan serta pengendalian kasus DBD yakni, melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan tempat tinggal masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap kepekaan kader kesehatan ditingkat RT dapat meningkat, sementara puskesmas di masing-masing wilayah tidak segan membagikan bubuk abate kepada warganya.

" Kami sangat tidak menyarankan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara fogging, sebab cara ini tidak efektif mematikan jentik atau nyamuk," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Alwiati juga mengungkapkan telah terjadi 21 kasus DBD pada pekan ke 27 tahun 2024. Lalu sebanyak 6 kasus didominasi Kecamatan Balikpapan.

kecamatan Balikpapan Tengah ada 5 kasus, Balikpapan Barat 2 kasus, Balikpapan Utara 4 kasus, Balikpapan Selatan 4 kasus. Jadi hanya di kecamatan Balikpapan Timur yang tidak ditemukannya kasus DBD tersebut.

“ Saya sangat berharap masyarakat bisa menjalankan gerakan 3M yakni, Menguras, Mengubur, dan Menutup lalu kembali menjalankan kerja bakti massal pada masing-masing Rukun Tetangga (RT),” ungkap Alwiati.(tri/adv)