[Valid RSS]

Bankeu Pemprov Kaltim Jadi Katalis, Samarinda Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Proyek Infrastruktur

KabarIkn.com,Balikpapan – Pemerintah Kota Samarinda telah menerima alokasi Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dengan nilai anggaran sebesar Rp 588,36 miliar pada Triwulan III tahun 2024.

Berdasarkan hasil rapat Radalok yang digelar oleh Biro Administrasi Pembangunan, Rabu (23/10/2024) terungkap bahwa progres realisasi fisik mencapai 82,95%, sudah melebihi target yang dipatok sebesar 75%.

Meski Kota Tepian masih menghadapi tantangan yakni pada realisasi keuangan yang masih berada di angka 48,19%. Pencapaian ini sedikit di bawah target keuangan sebesar 58%. Meski begitu, Pemkot Samarinda tetap optimis dapat meraih target dan terus bersinergi kedepannya

“Kami tetap optimis bahwa semua pekerjaan akan selesai tepat waktu. Kami terus bekerja keras untuk memastikan setiap anggaran terserap secara optimal dan proyek-proyek pembangunan dapat berjalan lancar demi kesejahteraan masyarakat . Kami juga terus memperkuat koordinasi dengan semua pihak terkait agar setiap hambatan di lapangan dapat segera diatasi,” ungkap Suryo Priyo Raharjo, ST,. M.T selaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Samarinda.

Suryo menambahkan pada Triwulan IV mendatang, Pemerintah Kota Samarinda menargetkan penyelesaian 100% realisasi fisik dan 98% realisasi keuangan.

Dirinya pun menilai adanya bankeu amatlah positif bagi akselerasi pembangunan infrastruktur di Samarinda.

“Bankeu yang diberikan Pemprov Kaltim sangat bisa menunjang kita juga disamping melalui APBD Murni. Harapan kedepannya semoga terus bisa sinergis, sehingga nantinya bisa semakin optimal,” pungkasnya.

Disamping itu, Pemprov Kaltim juga mengingatkan agar Pemerintah Kota Samarinda menginventarisasi potensi SiLPA dana Bankeu Tahun Anggaran 2024 untuk dilaporkan pada Radalok Triwulan IV, serta untuk memedomani Peraturan Gubernur Kaltim terbaru terkait pengelolaan dana bantuan keuangan.

Tampak hadir dalam Radalok tersebut Kepala Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah, Biro Adbang Setdaprov Kaltim Erwin Dharmawan beserta jajaran pemprov Kaltim, termasuk perwakilan pemerintah kabupaten / kota terkait.

Dengan komitmen kuat dari berbagai pihak, Pemerintah Kota Samarinda diharapkan dapat mencapai target yang ditetapkan, sehingga pembangunan yang didukung oleh Bankeu ini dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat. (bs/adv/diskominfo prov kaltim)