[Valid RSS]

Danamon Cetak Pertumbuhan Impresif pada Semester I-2024: Kredit dan Dana Pihak Ketiga Melonjak

KabarIkn.com, Jakarta- 30 Juli 2024, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) hari ini dengan bangga mengumumkan pencapaian luar biasa dalam Laporan Keuangan Semester I-2024 melalui konferensi pers virtual di Jakarta. 

Dalam acara tersebut, Direktur Utama Daisuke Ejima memaparkan keberhasilan Danamon dalam mencatat pertumbuhan tahunan dua digit baik pada total kredit maupun Dana Pihak Ketiga."Danamon berhasil mencapai pertumbuhan signifikan di seluruh lini bisnis, mulai dari Enterprise Banking & Financial Institution, Consumer Banking, SME Banking hingga Adira Finance. Optimalisasi jaringan kantor dan pendekatan ekosistem turut mendukung pencapaian ini," ujar Daisuke Ejima.

Pertumbuhan Kredit dan Dana Pihak Ketiga yang MengagumkanTotal kredit Danamon, termasuk Trade Finance, melonjak sebesar 14% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp183,9 triliun. Seiring dengan pertumbuhan kredit tersebut, Dana Pihak Ketiga juga meningkat 15% YoY menjadi Rp146,1 triliun, dengan pertumbuhan Granular Funding mencapai 10% pada semester pertama 2024.

Tidak hanya mencetak pertumbuhan, kualitas aset Danamon pun terus terjaga. Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) meningkat menjadi 263,2% dari 259,9% tahun lalu, sementara rasio Gross NPL membaik 10 basis poin YoY menjadi 2,2%.

Pendapatan dan Profitabilitas MenguatDalam hal rentabilitas, Danamon mencatat kenaikan Pendapatan Operasional menjadi Rp9,4 triliun, didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan komisi. Hal ini berkontribusi pada Pre-Provision Operating Profit (PPOP) sebesar Rp4,3 triliun, serta Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) sebesar Rp1,5 triliun.

Transformasi Menuju One Financial GroupKomitmen Danamon untuk terus bertransformasi sebagai One Financial Group didukung penuh oleh induk perusahaan MUFG dan jaringan global serta lokalnya. Bersama grup perusahaan seperti Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Indonesia, Danamon berkomitmen menjadi mitra keuangan terpercaya yang selalu berorientasi pada kebutuhan nasabah.

Sebagai simbol komitmen berkelanjutan, Danamon meluncurkan logo baru bertepatan dengan ulang tahun ke-68 pada 16 Juli 2024. Logo baru ini akan diperkenalkan secara bertahap, sehingga masyarakat akan melihat dua logo Danamon yang digunakan secara bersamaan dalam periode transisi.

"Ulang tahun ke-68 ini menandai perjalanan kami sebagai Grup Finansial terkemuka yang terus berkontribusi aktif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkas Daisuke Ejima.

Dengan pencapaian luar biasa ini, Danamon siap menghadapi semester kedua 2024 dengan optimisme tinggi dan terus berinovasi demi kepuasan nasabah dan pemangku kepentingan.(*)