[Valid RSS]

Meriah, HUT ke- 12 ARCO

POTONG TUMPENG : H. Karmin bersama manajemen PT. ARCO dan undangan, saat merayakan hari jadi ke-12 tahun PT. ARCO

KabarIkn.com,Balikpapan  – Ketua DPW Partai BERKARYA Kaltim, H. Karmin, SE yang juga owner PT. Abadi Raya Commerce (ARCO), tampak bersemangat dan penuh kegembiraan saat menghadiri perayaan hari ulang tahun (Hut) ke-12 ARCO di kawasan pantai Batakan Village Balikpapan, Sabtu (21 Mei 2022).

Parayaan hari jadi yang dihadiri ratusan pegawai PT. ARCO ini, semakin meriah dengan kehadiran jajaran pengurus DPW Partai BERKARYA Kaltim, termasuk sejumlah tokoh penting di Kaltim, seperti mantan Ketua DPRD Balikpapan H. Burhanuddin Solong, SH, Ketua Pembina YAPENTI – DWK Universitas Balikpapan, Dr. Rendi Susiswo Ismail, SE, SH, MH, Ustadz Darwis dan Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Kaltim, M. Slamet Brotosiswoyo.

Didampingi isteri Hj. Wiyatin dan seluruh anggota keluarga, di hadapan ratusan pegawai PT. ARCO, H. Karmin menyampaikan rasa syukur atas pencapaian PT. ARCO hingga usai ke-12 tahun ini. “Alhamdulillah, ARCO yang lahir dari daerah, kiprahnya sudah nasional dan internasional. Karena, hingga saat ini mampu jadi perusahaan jasa terbaik yang melayani puluhan klien di wilayah Kalimantan hingga Sulawesi,” ujarnya.

Bisnis ARCO yang semula fokus di bidang katering servis, belakangan berkembang pesat dan merambah ke jasa pengamanan terpadu (security services), fasility – cleanin service, laundry hingga parkir kendaraan (parking service) dengan teknologi terkini.

ARCO yang tumbuh pesat dengan sebagian besar pelayanan di sektor tambang batubara, sawit dan instansi pemerintah – swasta, sejauh ini memiliki lebih dari 3.400 –an pegawai. “Kami bersukur, pencapaian ARCO saat ini, tidak sekadar mampu melayani klien dengan baik, tapi juga loyalitas dan dedikasi ribuan karyawan yang berada di semua site kami di seluruh area Kalimantan hingga Sulawesi,” tutur pria kelahiran Rappang, 10 Agustus 1962.

Dengan motto “Working Together dan Growing Together”,  H. Karmin menegaskan ARCO berkembang pesat berkat solidnya manajemen dan dedikasi tinggi para pegawai. “Bagi pebisnis sepeti kami, tentu tetap ada kendala yang terjadi. Namun, dengan semangat kebersamaan dan berbuat positif, Alhamdulillah berbagai kendala dan tantangan di pekerjaan mampu dicarikan solusi terbaik,”ucapnya.

KEBANGGAN KALTIM

Sejumlah tokoh yang hadir di perayaan hut ARCO juga memuji kinerja dan pencapaian PT. ARCO. Menurut Rendi Susiswo Ismail, bergerak di bisnis jasa dan melayani perusahaan tambang batubara yang standarnya insternasional, bukan hal yang mudah. “Diperlukan standar baku kualitas pelayanan dan itu wajib dijaga agar kontrak pekerjaan terus berjalan baik. ARCO sejauh ini mampu membuktikan dapat bersaing dengan perusahaan besar baik nasional maupun multinasional. Itu terlihat dari kontrak pekerjaan mereka dengan puluhan klien perusahaan tambang batubara hingga puluhan tahun,” ujar Rendi yang juga mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan.

Hal senada dikatakan Ketua DPP Apindo Kaltim, M. Slamet Brotosiswoyo. Ia menilai, mustahil puluhan perusahaan tambang mau bekerjasama dengan ARCO, jika perusahaan ini tidak memiliki standar pelayanan terbaik bersertifikat ISO. “Sebagai warga Kaltim, tentu kami bangga ada putra daerah mampu memimpin perusahaan jasa yang mempekerjakan ribuan pegawai. H. Karmin telah membuktikan, putra Kaltim mampu bersaing di level nasional hingga internasional,” ucapnya.

Sementara H. Andi Burhanuddin Solong menyebut, sukses ARCO tidak mungkin dilepaskan dari “tangan dingin” seorang H. Karmin,  yang diakuinya sebagai sahabat sejak lama. “H. Karmin itu tipe pekerja keras dan jujur. Ia tidak hanya baik, tapi juga memiliki karakter pemenang, sehingga sukses memimpin ribuan karyawan di ARCO. Dia juga terlibat di banyak organisasi social kemasyarakatan hinga partai politik. Tidak banyak tokoh di Kaltim seperti H. Karmin. Ini, yang membuat kami bangga punya kawan dan sahabat seperti dia,” ujar ABS – sapaan akrabnya.

Perayaan Hut ke-12 ARCO berlangsung meriah. Selain diisi acara potong tumpeng bersama, kegiatan juga jadi ajang silaturahim ratusan pegawai ARCO dengan momen halal bihalal, serta kegiatan fun game dan panggung hiburan.(*)

Penulis : RUDI RM