[Valid RSS]

Diskusi Sembari Ngopi Santai Bersama Rocky Gerung

KabarIkn.com,Balikpapan - Bersama Rocky Gerung terkenal dengan "Akal Sehat" memberikan pencerahan kepada kelompok diskusi Balikpapan. "Paparan RG mulai politik, ekonomi, budaya dan sejarah digelar di Cafe Baca, Jalan Martadinata, Balikpapan Kota, Rabu (8/5/2024) malam. 

"Kedatangan RG langsung disambut Hery Sunaryo yang juga Aktivis Pemerhati Kebijakan Publik Kota Balikpapan dan kawan-kawan. Walaupun sempat hujan turun, tetapi tidak menyurutkan untuk menunggu kedatangan beliau. Dengan gaya yang khas dan tetap sederhana penampilan. RG langsung memesan secangkir kopi hitam hidangan ringan singkong goreng. 

"Pengetahuan RG seperti tidak diragukan lagi, saat dilakukan tanya jawab pertanyaan ditambah refrensi membuka cakrawala untuk berpikir lebih luas. "Salah satu bagaimana nantinya kondisi ekonomi Indonesia saat ibu kota sudah mulai pindah di Kaltim. Maka akan terjadi eksodus dan diperkirakan sampai kurang lebih 5 juta orang. 

"Dari bidang ekonomi RG lebih banyak mengangkat kondisi energi dan sumber daya Kaltim begitu melimpah. Tetapi dari pertumbuhan ekonominya tidak sebanding dengan kekayaan alam yang dimiliki. "RG juga sempat memberikan informasinya, bahwa pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dengan hasil alam berupa energi adalah Halmahera diatas 26 persen dan satu-satu yang tertinggi di Indonesia. 

"RG terus membuka wawasan terkait dengan agenda reformasi yang terus melambat mencapai tujuan. sehingga negara lambat bergerak maju. 

"Disisi lain, Hery Sunaryo, yang juga pemerhati Kebijakan kota Balikpapan, memberikan masukan bahwa Kaltim ini kaya sumberdaya alam seperti Minyak, Gas, Batu Bara, Pertanian, Perkebunan, Kelautan, Jasa, Industri semua ada diKaltim, namun kayanya sumber daya alam dikaltim tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

Hery sapaan akrabnya, juga menambahkan bahwa ekonomi Indonesia melambat karena para ketua partai takut dengan pemodal, sementara pemodal membutuhkan legesi penguasa untuk melanggengkan usahanya, sehingga untuk percepatan mencapai tujuan negara dalam mensejahterakan masyarakat harus dengan gerakan ekonomi kerakyatan. 

Hery, pun memberi ide gagasan bahwa membangun ekonomi kerakyatan bisa dimulai melalui Rumah Ibadah, seperti Masjid, Gereja, Pure, Kelenteng dan lainnya. Sehingga rumah ibadah bukan hanya untuk berdoa dan beribadah tetapi juga berfungsi sebagai pengembangan ekonomi ummat.

Kalau setiap rumah Ibadah membangun pengembangan usaha maka dapat membuka lapangan kerja buat masyarakat sekitar

Rocky pun menyambut baik ide gagasan tersebut, dengan memberi judul "Akhirat Mart"

"Waktu terus berlalu, sehinga kurang lebih 2 jam memberikan pencerahan kepada kelompok diskusi Kota Balikpapan, terasa masih kurang. "Karena masih ada agenda lain di Jakarta harus beristirahat untuk melanjutkan perjalanan besok paginya.(*)