[Valid RSS]

Bawaslu Balikpapan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2024 Dengan Ormas dan Parpol

KabarIkn.com,Balikpapan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikppan menggelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada “Peran Ormas dan Parpol Mengawal Pilkada 2024 Tanpa Ujaran Kebencian, Isu Sara dan Hoax” yang digelar di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (17/07/2024).

Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan, Ahmadi Azis menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari Bawaslu sendiri adalah menindak pelanggaran lalu bagaimana peningkatan pencegahan dan salah satunya dengan diadakannya sosialisasi ini.

Kegiatan ini digelar agar ormas juga dapat teribat dalam proses pengawasan partisipatif dan aktif dalam melakukan pengawasan Pilkada minumal di ruang lingkup organisasinya.

“Kalu ada pelanggaran atau dugaan pelanggaran dalam proses pilkada dapat menyampaikan ke bawaslu untuk di tindak lanjuti. Sehingga tidak ada dikotomi antar suku atau ras yang ada di Kota Balikpapan, sehingga Pilkada dapat berjalan damai,”ujarnya.

Jika berbicara soal isu hoax maupun dengan isu sara, seperti di Whatsapp dan segala macam. Bawaslu pastinya coba untuk meminimalisir dengan melibatkan tokoh - tokoh masyarakat tersebut dalam membentengi terkait isu sara nanti.

“ Kami melakukan kerjasama dengan beberapa ormas, bahkan ada beberapa yang sudah melakukan kerjasama MOU dalam hal peningkatan pengawasan partisipatif,” katanya.

Ahmadi menambahkan kalau dalam waktu dekat bawaslu akan menyentuh kepada ormas - ormas yang ingin bekerja sama dalam proses pengawasan partisipatif.(tri)