Program Ekstrakurikuler Guna Mengembangkan Potensi Bakat dan Minat di Panti Asuhan Nurul Ihsan

Kabarikn.com,Malang - Pada masa pandemi saat ini, Universitas Muhammadiyah Malang membuat sebuah program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) yang di desain dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid 19. Salah satunya yang diadakan oleh PMM Kelompok 22 Gelombang 16 tahun 2021, yang dilaksanakan selama kurun waktu 15 November  – 15 Desember  2021, di bawahi oleh dosen pembimbing Ibu Lourina Evanale Orfa,ST.,M.Eng

Kegiatan PMM UMM Kelompok 22 Gelombang 16 dilaksanakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Nurul Ihsan yang beralamat Jl. Yos Sudarso 2 No.1, RT.08, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Kegiatan ini mengangkat tema “Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Untuk Menumbuhkan Bakat dan Minat Anak”

Terdapat berbagai macam program kerja yang telah dilaksanakan selama kegiatan PMM ini berlansung. Salah satunya adalah program kerja unggulan yakni kegiatan Ektrakulikuler. Kegiatannya berupa ekstrakulikuler kesenian seperti menggambar, pidato atau puisi , dan juga olahraga seperti Futsal, badminton.

Program PMM dari Kelompok 22 ini adalah adanya sistem penilaian dengan menggunakan Token Ekonomi. Token Ekonomi adalah sistem pemberian token yang di rancang untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan atau mengurangi perilaku yang tidak diingikan. Sistem pemberian token pada kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat anak dalam mengembangkan bakat dan minatnya melalui kegiatan ektrakulikuler.

Kelompok 22 juga memiliki beberapa program kerja lainnya. Diantaranya adalah pemberian Edukasi mengenai pentingnya bakat dan minat, serta motivasi belajar pada anak. Selain itu juga terdapat program yang berkaitan dengan pembentukan lingkungan bersih dan sehat dengan adanya kegiatan Rumah Sehat dan Kerajinan Tangan

Di harapkan dengan dilaksanakannya program-program tersebut dapat meningkatkan potensi, minat dan bakat anak guna menunjang proses pembelajaran dan membantu meningkatkan kondisi lingkungan di Panti Asuhan Nurul Ihsan.(*)

feed

Feed not found.