[Valid RSS] Jawab Keluhan Masyarakat Di Reses , Suryo Sampaikan Keadaan Sistem Pengolahan Air di PTMB Saat Ini - kabarikn

Jawab Keluhan Masyarakat Di Reses , Suryo Sampaikan Keadaan Sistem Pengolahan Air di PTMB Saat Ini

KabarIkn.com,Balikpapan - Selasa ( 21/03/2023 ) , Kasubag Customer Service Perumda Tirta Manuntung Balikpapan Suryo Hadi Prabowo menghadiri kegiatan reses yang digelar oleh anggota DPRD Balikpapan Nelly Turuallo di Jalan S.Parman RT.21 No.38 Kel Sumber Rejo, Kec.Balikpapan Tengah.

Pada kesempatan tersebut , Suryo menyampaikan keadaan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan ( PTMB ) saat ini kepada warga yang meghadiri reses. Diketahui, sumber utama air baku di PTMB itu ada 3 yang pertama di Waduk Manggar,Waduk Teritip dan Sumur Dalam.

Waduk manggar secara keseluruhan mengcover sebanyak 75% kebutuhan air bersih masyarakat Kota Balikpapan , 15% waduk teritip dan sisanya berasal dari sumur dalam.

" Di masing-masing sumber tersebut ada instalasinya. Untuk waduk manggar mengcover 3 instalasi yaitu instalasi pengolahan air KM.8, instalasi pengolahan kampung damai dan instalasi pengolahan air KM.12,"ujar Suryo.

Kemudian, waduk teritip juga memiliki instalasi yiatu Instalasi Pengolahan Air ( IPA ) Teritip. Sumur dalam memiliki 4 instalasi yaitu di Gunung Sari,Prapatan, Zam Korpri dan Kampung Baru.

Adapun hal yang menjadi kendala saat ini perjalanan PTMB memberikan air bersih kepada masyarakat adalah air yang sumbernya berasal dari waduk manggar untuk instalasi yang kondisinya sudah overload adalah instalasi KM.8 dan IPA Kampung Damai.

" Kondisi saat ini dari warga yang komplain ke kami seperti air yang tadinya mengalir 24 jam sekarang kurang dari itu. Maka dari itu saat ini kami mengsupply air tangki untuk dikirimkan ke daerah yang airnya tidak mengalir dengan normal," katanya.

Untuk biaya sendiri warga setempat dikenakan 50 ribu/5000 liter air , yang dimana air ini mereka bagi satu rumah hanya 3 drum, diantar oleh PTMB seminggu dua kali dan diantarkan 8 tangki sekaligus.

Suryo menjelaskan saat ini di waduk teritip sedang dibangun instalasi 200 liter/detik , tetapi kondisi instalasi ini juga sudah mulai overload. Hal ini dikarenakan Balikpapan Timur dulu PTMB nya tidak pernah mengalir selama bertahun - tahun dan sekarang mereka sudah bisa merasakan air selama 24 jam.

" Lalu mengenai rencana Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kota untuk target pembangunan waduk Embung Aji Raden. Harapannya waduk baru yang akan dibangun di Balikpapan Timur ini bisa menambah angka instalasi IPAM dengan kapasitas 200 liter/detik,"pungkasnya. (bs)