[Valid RSS] Disnakertrans Kalimantan Timur Gelar Job Market Fair II - kabarikn

Disnakertrans Kalimantan Timur Gelar Job Market Fair II

KabarIkn.com,Balikpapan - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim menggelar kegiatan Job Market Fair II di Pentacity Balikpapan yang digelar mulai tanggal 1 - 3 Desember 2023. Pada kegiatan ini membuka peluang karir bagi para pencari kerja dan pengguna tenaga.

Sekitar 70 perusahaan telah menyediakan 1.073 lowongan pekerjaan. Tentunya para perusahaan tersebut betul - betul mengutamakan warga Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Pemerintah Kalimantan Timur tentunya turut mendukung program-program untuk menciptakan dan memperluas kesempatan kerja, termasuk pelatihan keterampilan berbasis kebutuhan dan penyediaan tenaga kerja yang siap pakai.Pejabat Gubernur Kaltim Akmal Malik, menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap Pameran Pasar Kerja/Job Market Fair ini.

"Ketenagakerjaan merupakan salah satu persoalan dalam penanganan kependudukan di Kalimantan Timur, terlebih lagi Kalimantan Timur sebagai salah satu daerah yang mempunyai sumber daya alam yang potensial, sehingga menjadi daya tarik bagi bagi pencari kerja untuk mengadu peruntungan," ujar Akmal.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan berbagai instansi dan sektor swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka pengangguran dan menerapkan sistem rekrutmen yang transparan dan kompetitif.

"Job Market Fair memiliki nilai strategis karena memfasilitasi komunikasi langsung antara pengguna dan pencari kerja, sementara pemerintah berperan sebagai fasilitator," imbuhnya.

Pembangunan di Kalimantan Timur menempatkan penurunan angka pengangguran sebagai prioritas utama.

"Pengangguran terbuka (TPT) turun menjadi 5.31 persen pada tahun 2023, menurun sebesar 0.41 persen dibandingkan dengan Agustus 2022 yang mencapai 5.71 persen," papar Akmal Malik.

Sementara itu, angkatan kerja di Provinsi Kalimantan Timur mencapai 1.950.860 orang pada Agustus 2023, meningkat sebanyak 98.058 orang dibandingkan dengan Agustus 2022 yang mencapai 1.852.802 orang.

Tiga sektor utama yang menyerap tenaga kerja adalah perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil/sepeda motor (19.74 persen), pertanian, kehutanan, dan perikanan (19.21 persen), serta pertambangan dan penggalian (8.34 persen).

"Menghadapi kondisi ketenagakerjaan tersebut, perlu terus diupayakan perluasan kesempatan kerja secara cerdas dan inovatif sehingga tercipta program kesempatan kerja yang bersifat ramah atau employment friendly," pungkasnya. (bs/adv/diskominfo kaltim)