[Valid RSS] Pj Gubernur : Balikpapan untuk Bersiap Menghadapi Dampak Besar Kehadiran IKN di Kaltim - kabarikn

Pj Gubernur : Balikpapan untuk Bersiap Menghadapi Dampak Besar Kehadiran IKN di Kaltim

Kabarikn.com,Balikpapan- Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik mengungkapkan bahwa saat ini tantangan terbesar yang dihadapi oleh Provinsi Kalimantan Timur adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas lapangan kerja. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah berupaya keras untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi dunia usaha sehingga dapat meningkatkan jumlah lapangan kerja di wilayah ini terutama mengantisipasi kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN), dimana Balikpapan menjadi kota penyangga. 

Akmal menjelaskan sebagai hubunganIKN, Balikpapan bisa men-trigger daerah lainnya, seperti Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Timur dan Kutai Barat. Balikpapan yang sudah eksis dan lebih dulu maju dengan berbagai fasilitas, jangan sampai justru menunjukkan diskriminasi bagi daerah sekitarnya. 

"Jadi, Balikpapan bisa membuka akses ke daerah-daerah sekitarnya, sehingga aksesisibilitas yang terbangun ini bisa membuka ruang bagi pengembangan daerah-daerah sekitarnya,” jelas Akmal Malik usai membuka Job Market Fair 2023 di Balikpapan, Jumat (1/12/2023).  

Menurut Akmal, hal tersebut perlu segera dilakukan agar Balikpapan sebagai hubungan IKN tidak menanggung beban sendiri, mengingat pertumbuhan IKN nantinya akan bergerak cepat seiring pembangunan yang begitu masif. Apalagi, perpindahan ASN ke IKN akan segera dilakukan secara bertahap. 

"Balikpapan akan'meledak, karena IKN akan bertumbuh dengan cepat. Kalau Balikpapan tidak mampu membuka akses ke daerah-daerah sekitarnya, maka kasihan Balikpapan nanti akan menanggung beban sosial dan beban dampak ekonomi yang besar nanti,” jelas Akmal. 

Untuk itu, Akmal Malik meminta kepada Balikpapan untuk bersiap menghadapi dampak besar kehadiran IKN ke Kaltim. 

“Balikpapan harus mampu melakukan langkah-langkah membuka akses ke daerah-daerah sekitarnya. Jangan ditanggung sendiri bebannya oleh Balikpapan, tetapi harus menjadi hub bagi daerah-daerah sekitarnya,” pungkas Akmal. (Tri/adv/Diskominfo Prov kaltim)