[Valid RSS] Terjadi Kerusakan IPAM Kampung Damai Kerena Usia Pipa Air Baku - kabarikn

Terjadi Kerusakan IPAM Kampung Damai Kerena Usia Pipa Air Baku

Kabarikn.com,Balikpapan- Terjadi kerusakan, IPAM Kampung Damai berimbas lagi Stop Produksi, Pekerjaan Rabu, 2/8/2023, Jam 09.00 Wita s.d Selesai (24 Jam) berimbas panjang terhadap gangguan distribusi air untuk pelanggan jauh dan atas 

Kerusakan berturut turut yang terjadi pada Jalur Pipa Air Baku IPAM Kamp. Damai tidak bisa dipungkuri, kebocoran yang berlangsung dalam beberapa kali dalam 3 bulan terakhir adalah fenomena keadaan pipa air baku dengan panjang 15 Kilometer dari waduk manggar ke IPAM Kampung Damai karena faktor usia pipa yang sudah tua dan makin rapuh. 

Perlu perencanaan matang dalam mengganti Jalur pipa sepanjang 15 Kilometer jika akan direncanakan bersama Pemerintah Kota. 

Dan Hari ini terulang titik Bocor kembali terjadi di Jalur Hutan KM.8 dan Jalur Grandcity. 

Mau tidak mau pekerjaan harus dilakukan kembali untuk perbaikan, karena PTMB sampai detik ini belum mampu memenuhi Produksi standar yang diharapkan, imbasnya titik aliran distribusi pelanggan terjauh dan tertinggi makin sulit akan mendapatkan distribusi air. 

Melihat situasi saat ini yang terjadi di PTMB, antara air yang diproduksi sudah tidak sebanding dengan permintaan dimasyarakat, ditambah kemampuan produksi yang makin menurun karena Jalur Pipa Air baku yang sering berulang kali bocor dengan faktor usia pipa sudah cukup tua dengan panjang sejauh 15 Kilometer untuk IPAM Kampung Damai dan panjang pipa 7 Kilometer untuk jalur IPAM KM.8. 

Minggu pertama dibulan agustus ini, yaitu Rabu besok, 2 Agustus 2023, akan dilakukan tahapan perbaikan kebocoran pipa air baku di Jalur Hutan KM.8 dekat belakang pesantren Mardhatilah, Jam 09.00 Wita s.d Selesai (target pekerjaan 1 x 24 Jam, lebih cepat lebih baik). 

Dan kemudian Tahap lanjutan perbaikan Kebocoran pipa air baku di Jalur Grandcity dengan kedalaman pipa mencapai 10 meter dari permukaan tanah urukan dari Grandcity, yang dijadwalkan dalam minggu kedua bulan agustus ini. 

Hal ini tidak bisa dilakukan secara serentak, karena faktor medan atau lokasi letak pipa yang tertanam dengan sangat dalam dibawah tanah, ditambah faktor usia pipa itu sendiri. 

Lagi - lagi imbas yang dirasakan adalah pelanggan daerah atas dan terjauh yang dilayani dari IPAM Kampung Damai makin tidak maksimal aliran distribusi airnya. PTMB memahami situasi saat ini, karena air adalah kebutuhan hidup yang sangat vital, Pemesanan air diposko tangki pun tidak bisa dibendung dengan antrian yang makin panjang. 

Dan saat ini Pembelian Tandon Swasta menjadi solusi sementara untuk menanggulangi kebutuhan air bersih tersebut. 

Perumda Tirta Manuntung Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas terganggunya pelayanan ini, terutama berdampak kepada pelanggan yang rumahnya di daerah jauh dan elevasi yang tinggi sampai saat ini masih dalam tahap normalisasi aliran pasca perbaikan air baku sebelumnya sehingga aliran air kembali mengalami tekanan yang kecil bahkan sudah tidak mengalir kembali. PTMB juga menyampaikan bahwa apabila perbaikan sudah selesai maka untuk proses normalisasi aliran air kerumah pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama karena tergantung dengan jarak dan elevasi rumah pelanggan. Tergantung jauh dekat, tinggi rendah rumah pelanggan itu sendiri sehingga sangat membutuhkan waktu jelasnya. Mohon doanya kepada masyarakat semoga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Daerah pelayanan yang terganggu yaitu pelanggan yang aliran produksi dari Instalasi Pengolahan Air Minum Kampung Damai. Daerah pelayanan IPA Kp. Damai : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat dimulai dari Simp.Tiga Kp. Damai, Komp. Bank Duta, Perum. Pos & Giro, Komp. BDS, Komp. BDI, Komp. PLN Pikitring Ring Road, Gg. Mex, Gg. Teratai, Gg. PLN, Gg. Sampurna, Gg. Orienz, Simpang Tiga Jl. MT. Haryono, Stalkuda, Gn. Bakaran, Bpp. Permai, Ps. Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl. Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn. Malang, Belakang Toko Utama, Gn. Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn. Guntur, Gn. Rambutan, Gn. Kawi, Kr. Rejo, Kp. Damai (Al Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg. Agung Tunggal, Komp. Bpp Baru, Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr. Anyar, Pdn. Sari, Pdn. Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp. Baru Tengah, Jl. 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPA Kp. Damai.

Sumber: Kasubag CS PTMB Suryo Hadi Prabowo