KPU Balikpapan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

KabarIkn.com,Balikpapan - KPU Kota Balikpapan menggelar kegitan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunakan SIREKAP dalam Pemilu tahun 2024. Kegiatan simulasi ini digelar di Gedung Parkir Klandasan,Rabu (31/01/2024).

Ini merupakan simulasi terakhir untuk memantapkan seluruh penyelenggaran KPU yaitu PPK & PPS dalam persiapan pemilu 14 Februari 2024.

Pada evaluasi ini melibatkan seluruh anggota PPS dan PPK se Kota Balikpapan dan pemilih di TPS setempat, maupun stekholder terkait.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan dari hasil evaluasi yang pertama ada beberapa kekurangan dan pada simulasi ini semuanya telah disempurnakan. Pihak yang terlibat dalam simulasi ini juga asli pemilih di TPS tersebut dan bukan rekayasa, para anggota parpol juga turut menyaksikan proses pemilihan.

“ Kita minta kepada teman-teman parpol nanti dalam pengisian plano angkanya harus benar-benar tepat baru ditanda tangani,” ujarnya.

Karena pada perhitungan pleno tingkat PPK tidak diperbolehkan lagi ada yang protes untuk meminta menghitung ulang surat suara. Maka dari itu, plano harus benar-benar dipastikan kalau sudah diisi dengan tepat.

Hal ini harus dilakukan karena pada simulasi sebelumnya masih ditemukan warga yang memasukan surat suara ke tempat yang tidak sesuai.

“Hari ini simulasinya kita ulang terus menerus supaya teman-teman pengawas bisa paham soal penghitungan dan pemungutan suara,” imbuhnya.

Thoha berharap nantinya para anggota KPPS dalam pemilu dapat lebih teliti dan memperhatikan letak surat suara dimasukkan karena harus sama dengan pengguna hak pilih.(tri)

feed

Feed not found.