[Valid RSS] Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 - kabarikn

Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024

Kabarikn.com,Balikpapan-Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Syaiful Bahri mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud hadir dalam kegiatan peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2024 sekaligus perayaan HUT Ke- 125 Kota Balikpapan oleh KPU, Senin (14/2/2022) di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut Syaiful juga membacakan sambutan Wali Kota yang berhalangan hadir. Ia menyampaikan, sesuai kesepakatan Pemerintah Pusat, DPR RI dan KPU, hari pemungutan suara akan dilaksanakan tepat dua tahun setelah pelaksanaan peluncuran ini, yakni 14 Februari 2024.

"Pemungutan suara merupakan momentum demokrasi, sekaligus tumpuan harapan terpilihnya pimpinan bangsa dan wakil rakyat yang mampu membawa bangsa ini semakin maju dan sejahtera di masa mendatang," ungkapnya.

Pemerintah Kota Balikpapan menyambut antusias dan berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2024. Sejalan dengan itu dirinya juga mengajak agar masyarakat kota Balikpapan senantiasa menjaga situasi kota tetap sejuk dan kondusif.

"Melalui narasi saling mengajak untuk mewujudkan pemilu 2024 yang damai dan jadi manifestasi kehidupan demokrasi yang sehat," ungkapnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengungkapkan, peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 ini juga dilakukan secara nasional oleh KPU RI melalui virtual di seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"KPU Balikpapan melaksanakan instruksi KPU RI, yakni peluncuran jari pemungutan suara Pemilu 2024. Dilaunching untuk memberitahukan pada masyarakat ramai bahwa di 2024 ada event besar yaitu pemilu. Walau nantinya akan digabung dengan Pilkada. Namun untuk pemungutan suara Pilkada ini belum ditetapkan," jelas Thoha.

Sudah ditetapkan 14 Februari 2024 sebagai hari pemungutan suara. Dan dari penetapan ini akan ditarik 20 bulan ke belakang. Sehingga jatuh pada bulan Juni 2022 tahapan dimulai.

"Yaitu perencanaan dan penganggaran yang kewenangan nya masih di wilayah RI. Agustus pendaftaran dan verifikasi partai politik. Nanti di akhir Agustus akan ditetapkan berapa peserta pemilu 2024," urainya.(*)