[Valid RSS] KPU Balikpapan Laksanakan Rapat Koordinasi Kepada Stakholder Terkait - kabarikn

KPU Balikpapan Laksanakan Rapat Koordinasi Kepada Stakholder Terkait

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Senin ( 27/07/2020 ), KPU Balikpapan melaksanakan rapat koordinasi kepada seluruh stekholder terkait. Dalam rangka mensukseskan pilkada 2020 yaitu partisipasi harus tinggi, penyelenggaraan harus aman dan secara administrasi KPU melakukan komunikasi yang bagus dengan Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan,TNI/AD untuk memabangun sinegritas.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan lebih spesifik jika dengan Bawaslu KPU membahas mengenai pengawasan Bawaslu di tingkat bawah. Ditingkat bawah mereka melakukan pemutakhiran data pemilih dan bawaslu melakukan pengawasan, Instrumem pengawasan tersebut apa saja yang mereka laporkan KPU Balikpapan tidak mengetahui.

" Dari Bawaslu memang ada instrumen tentang pelaporan yanh dimana pelaporan tersebut bisa mengakses," Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha

Setelah itu, KPU Balikpapan membahas terkait dengan isu terkini yang berupa kemungkinan adanya calon tunggal. Calon tunggal termasuk terminologi KPU, sementara itu diluaran sana terdapat fenomena kotal kosong. 

Hal tersebut diluruskan oleh KPU, bahwa terminologi mengenai kotal kosong di PKPU maupun undang undang itu tidak ada yang ada hanyalah calon tunggal. Calon tunggal yaitu ada satu surat suara yang terdiri dari dua kolom yang hanya ada satu foto calon, kolom yang tidak ada foto calonnya itulah yang disebut kotak kosong.

" Kita mempunyai akses rahasia. kotak suara hanya satu baik yang ada foto calonnya maupun tidak ada tetap masuk kedalam satu kotak. persepsi seperti itulah yang kita bicarakan agar penyelenggara mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang dinamika politik yang diluar," ujarnya.

Noor Thoha menambahkan KPU Balikpapan pada hari ini juga melaksanakan evaluasi tentang kinerja PPDP yang saat ini sedang bersih baku datang dari rumah ke rumah. Di 10 hari pertama saat KPU melakukan evaluasi PPDP berhasil melakukan coklit sudah 44% dan ini sebuah prestasi sesungguhnya karena kalau  44% sementara KPU dikasih target 30 hari yang artinya di 10 hari yang ketiga dan mudahan di 10 hari yang kedua semuanya sudah clear.

Dapat diartikan kinerja KPU yang targetnya 1 bulan dalam 2 minggu sudah terealisasi dengan mendatangi rumah kerumah (tri).